Cerita Aku dan PLN

22 Sep 2012

lauching #bloggerbicara Aku dan PLN | doc.Pribadi

lauching #bloggerbicara Aku dan PLN

Listrik merupakan sumber kebutuhan utama bagi kita, dimana listrik sangat menunjang untuk keberlangsungan hidup manusia. Sebagai masyarakat perkotaan mungkin listrik sudah dianggap hal yang sepele karena akses yang mudah didapat. Sungguh tidak bisa dibayangkan jika kita hidup tanpa listrik yang berdampak pada sumber kehidupan kita.

Pengalaman saya tentang listrik ketika saya jaman SMP karena pindah ke rumah diperkampungan dan waktu itu untuk memasang daya listrik cukup mahal harganya menurut ukuran kantong keluarga saya. Untuk sementara menunggu tabungan cukup untuk memasang listrik di rumah, kami nebeng ke tetangga yang jaraknya lumayan jauh dari rumahdan membutuhkan kabel puluhan meter.

Dengan persetujuan yang punya listrik, kami diperbolehkan memasang sebanyak 3 buah gantungan untuk lampu dan boleh menyetel TV, waktunya pun 24 jam. Entah berapa biaya yang harus kami keluarkan setiap bulannya waktu itu karena saya tidak pernah mau tahu urusan yang begitu. Tahunya hanya memakai tanpa peduli biaya yang harus dikeluarkan oleh orang tua, dan sekarang saya begitu merasakan ketika sudah berumah tangga dan punya kewajiban untuk membayar listrik tiap bulannya dan sangat memahami jika dulu orang tua saya suka cerewet agar bisa menghemat dan memanfaatkan listrik sesuai dengan kebutuhan kita.

Banyak ketidaknyamanan ketika itu, mulai dari suka mati tiba-tiba karena mungkin tidak kuat kapasitasnya, lampu yang redup karena mungkin saling tarik menarik belum lagi jika menyetrika harus bergantian. Mulai dari pengalaman saya memahami tentang sangat bergunanya listrik bagi kehidupan manusia.

Ada cerita dipenampungan TKW ( Tenaga Kerja Wanita ) yang berasal dari pedalaman, ketika pelajaran praktek dengan menggunakan alat listrik seperti mesin cuci, vakum claner dan microwave dia bilang tidak bisa cara memakainya dan belum pernah melihatnya, OMG katanya jaman modern tapi hari gini listrik belum bisa dinikmati semua orang, dalam hati ternyata listrik juga membawa dampak bagi pengetahuan kita, karena yang kita tahu tentang listrik hanya Cuma bisa memakainya saja.

Sebut saja namanya Tri, dia menceritakan keadaan kampungnya yang tidak ada fasilitas listrik yang memadai. Kalaupun ada orang yang dikatakan mampu di kampungnya membuat aliran listrik secara manual melalui proses tenaga surya atau uap dan itupun melalui proses dengan berbagai kendala seperti dikarenakan jika datangnya cuaca yang tidak bersahabat.

Semua orang sekampungnya menggunakan fasilitas yang seadanya, pasokan listrik yang minim dengan membayar tiap bulannya Rp 100.000, itupun tidak 24 jam hanya diperbolehkan satu gantungan lampu saja dimulai dari pukul 06 pagi sampai jam 05 sore dan kalau ada tv ada biaya tambahan lagi. Sungguh memprihatinkan bukan?? Ternyata masih banyak saudara-saudara kita yang tidak seberuntung kita yang hidup di fasilitasi dengan listrik yang mudah didapat.

Buat kita yang serba mudah difasilitasi oleh listrik, semoga cerita diatas bisa merubah gaya hidup kita yang boros akan listrik, karena sering saya temui di kantor-kantor atau dirumah kita sendiri tentang minimnya HEMAT LISTRIK, dengan membiarkan lampu masih menyala ketika siang hari, membiarkan keran air jet pump mengalir terus sehingga air luber dan membiarkan alat elektronik menyala terus tanpa ada penggunanya.

Jika dirumah saya ada keran yang terus menetes karena longgar perasaan saya langsung tidak nyaman dan harus segera diganti atau diperbaiki sehingga tidak ada air yang menetes lagi, karena setiap tetesan air jika lama-lama dibiarkan akan terus menyedot air terlebih jika mesin airnya otomatis pasti mesin akan menyedot listrik, bagi saya itu pemborosan dan mubazir karena air dan listrik dibiarkan terbuang.

Hemat listrik juga akan menghemat pengeluaran juga membatu Negara dalam memenuhi pasokan listrik yang semakin hari semakin merosot persediannya. Bisa kita rasakan jika listrik padam beberapa menit saja tentu kita akan menggerutu menyalahkan PLN padahal mungkin PLN sedang dalam perbaikan atau karena lain hal. Dari situ kita bisa merasakan juga penderitaan saudara-saudara kita yang tidak terpenuhi kebutuhan listriknnya.

Dari cerita diatas, tentu kita bisa menyimpulkan begitu berjasanya PLN bagi kita, bisa memenuhi kebutuhan pelanggan dan melayani pelanggan dengan berbagai masalah yang mereka hadapi. Khususnya buat para pekerja PLN yang berada dilapangan seperti yang bertugas catat meter, setiap tanggal 20 sampai tanggal 1 mereka kerja kejar target dengan beribu-ribu jumlah rumah.

Tak sedikit dari mereka setiap harinya harus mendatangi setiap rumah, rintangan kerap kali mereka temui, mulai dari serangan gonggongan anjing dari yang punya rumah, pintu pagar yang susah untuk di buka dll. Ada cerita menarik di balik kisah si catat meter, dia menceritakan ketika dapat tugas ke rumah-rumah kawasan elite dengan mayoritas Cina, dan pasti setiap rumah yang akan di cek meter ada penjaganya seperti gogog.

Baru mengetok pintu gerbang langsung di sambut oleh gonggongan Anjing, si catat meter yang baru kerja beberapa hari akhirnya risign karena tidak tahan dengan tuntutan kerja yang ditarget dan sangat trauma jika disambut oleh binatang yang namanya gogog dan kerja harus sesuai target. Setelah risign dari kerjanya dia menyesali keputusannya untuk risign.

Lalu dia mengontak bagian SDM supaya mau mernerimanya kembali bekerja, beruntung kesempatannya masih ada dan diapun diterima kerja kembali dan sekarang sudah memahami cara kerja PLN. Pola pikir dia sekarang jadi lebih dewasa semenjak kejadian itu, karena semua pekerjaan pasti ada enak dan tidaknya.

Saya juga mempunyai pengalaman Cerita Aku dan PLN, dimana sewaktu saya menyelesaikan tugas akhir kuliah, saya berkesempatan praktek kerja di PLN Soekarno Hatta Bandung. Saya ditempatkan di bagian kesekretariatan dan jika ada waktu luang saya berkeliling ingin tahu cara kerja di PLN tuh kaya gimana.

Dari mulai pertama masuk kerja semua karyawan menyambut dan mereka baik-baik pada kami, karena kami berempat dan masing-masing di pencar ke bagian lain, ada yang kebagian tusbung ( putus sambung jika ada tunggakan pelanggan yang tidak/belum dibayar ) ada yang bagian Front Office, dan Customer Servis.

Jadi kita bisa bergantian posisi untuk nambah pengetahuan. Ternyata PKL di PLN enak juga kita dibebaskan memakai fasilitas yang ada di kantor, setiap hari jum’at kita diwajibkan senam pagi dan karyawannya pun rutin mengadakan Sarling ( Sadar Lingkungan) dari kampung ke kampung, sungguh kegiatan positif bukan??

Kinerja mereka yang terlihat santai namun tidak begitu dengan faktanya, setiap hari mereka dihadapkan pada keluhan pelanggan dan berbagai pengaduan. Kantor tidak pernah sepi oleh pelanggan, setiap harinya ada saja yang datang untuk mengadu keluhannya, Pernah saya mencoba dibagian entry data catat meter, kebayangkan jika kita entry angka dari puluhan ribu rumah dan itu bisa fatal jika salah angka.

Tapi dengan keahlian dengan seringnya mereka bekerja dibawah tuntutan, mereka bekerja dengan ahli dan cepat untuk mengetik angka di keyboard tanpa melihat ke keyboardnya tangan-tangannya lincah dan tidak ada salah satu angkapun, menurut saya ini luar biasa. Salut buat para karyawan PLN yang kompak bekerja dalam team dan peduli lingkungan sekitar.

Seiring dengan jaman dan kemajuan tekhnologi kini PLN semakin berkembang dengan terus memenuhi kebutuhan pelanggannya dalam hal melayani tambah daya gratis, kalau dulu kan tambah daya dikenakan biaya. Dan kini PLN akan memasyarakatkan yang namanya listrik pintar yaitu pelanggan mengeluarkan uang/ biaya lebih dulu untuk membeli energi listrik yang dikonsumsinya. Besar energi listrik yang telah dibeli oleh pelanggan dimasukkan ke dalam Meter Listrik Pintar (MLP) yang terpasang dilokasi pelanggan melalui system token (pulsa) atau stroom.

MLP menyediakan informasi jumlah energi listrik (KWh) yang masih dikonsumsi. Persediaan KWh tersebut bisa ditambah berapa saja dan kapan saja sesuai kebutuhan dan keinginan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan bisa lebih mudah mengoptimalkan konsunsi listirik dengan mengatur sendiri jadwal dan jumlah pembelian listrik.

Namun menurut saya ada keuntungan dan kelemahan dari tagihan listrik prabayar ini, keuntungannya:
1. Pelanggan lebih mudah mengendalikan pemakaian listrik
2. Pemakaian listrik dapat disesuaikan dengan anggaran belanja
3. Tidak akan terkena biaya keterlambatan
4. Privasi lebih terjaga
5. Jaringan luas pembelian listrik isi ulang.
6. Tepat digunakan bagi anda yang memiliki usaha rumah kontrakan atau kamar sewa (kos).
Untuk info mengenai PLN melalui social media Twitter di @plnkita, FB di komunikasi gangguan pln dan melalui web : www.pln.co.id dan di call center 123, karena saat ini loket-loket PLN akan ditutup untuk menghindari pertemuan praktek suap, jadi sekarang melalui online dan disitu tersedia form yang harus kita isi jika kita ingin berlangganan serta untuk mengajukan pengaduan dan gangguan listrik di rumah anda.

Listrik Pintar | sumber:plnbersih com

Listrik Pintar | sumber:plnbersih com

Salah satu bentuk ketegasan komitmen untuk PLN Bersih dinyatakan melalui aksi korporasi yang nyata, yakni menjalin kerjasama dengan jaringan organisasi global anti korupsi Transparency International Indonesia (TII). Kerjasama ini, sudah berjalan sejak awal Maret lalu, ketika Dirut PLN Nur Pamudji dan Ketua Dewan Pengurus TII Natalia Subagio menandatangani nota kesepakatan kerjasama PLN – TII pada 6 Maret 2012 di Kantor PLN Pusat. Kerjasama ini bertujuan untuk lebih memastikan, bahwa PLN dalam menjalankan usahanya menyediakan listrik bagi masyarakat luas, sungguh-sungguh menerapkan praktek Good Corporate Governance (GCG) dan anti korupsi. Kerjasama yang dibangun meliputi reformasi dalam Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) serta reformasi di sisi pelayanan pelanggan.

Semoga dengan adanya PLN Bersih ini bisa menghapus paradigma masyarakat dengan citra PLN yang dekat dengan korupsi dan praktek suap. Berdasarkan pengalaman di daerah saya tinggal banyak beredar calo untuk menambah daya karena dulu untuk menambah dayapun harus pakai biaya, namun jika kita berbuat curang suatu saat akan ketahuan juga karena seperti kata pepatah “Sepandai pandainya tupai melompat namun akhirnya jatuh juga”.

Dan ketika ada cek listrik dadakan dengan serentak jika ketahuan curang maka kena denda dan melalui proses ke kantor PLN, dan otomatis akan menyita waktu anda.
Untuk kelemahannya menurut saya dari listrik pintar ini adalah jika sewaktu-waktu kita membutuhkan listrik dan listrik dari prabayar kita habis pada waktu tengah malam atau misalnya kita sedang mendesak membutuhkan karena misalnya dalam hajatan atau yang lainnya otomatis kita harus direpotkan dulu membeli pulsa listrik, tapi saya setuju dengan keuntungan dengan nomor 6, karena kebanyakan dari pemilik usaha kontrakan sangat ketakutan jika kontrakannya ditinggali tunggakan listrik oleh si pengontraknya. Namun pelayanan dari PLN sekarang ini cukup memuaskan, karena setiap apapun pasti ada kekurangan dan kelebihan yang dimiliki dan itu hanya menurut saya.

Dengan listrik pintar ini, mungkin bisa membantu untuk meminimalis pemakaian sehingga si pengontrak mempunyai kapasitas terbatas dalam penggunaan listrik dan pemilik kontrakan tidak merasa cemas lagi. Karena sering saya jumpai kebanyakan dari yang ngontrak mentang-mentang listriknya dibayar sama yang pemiliknya jadi memakai listrik suka seenaknya.

Melalui rangkuman cerita diatas semoga para pembaca dan pelanggan setia PLN memahami tentang pentingnya listrik dan begitu berjasanya PLN bagi kita. Gunakan listrik sehemat mungkin dan tidak membuangnya dengan percuma, karena masih banyak diantara kita yang belum bisa menikmati listrik.

#BloggerBicara Aku & Pln

#BloggerBicara Aku & Pln

Ketika saya menghadiri #BloggerBicara tentang Aku & PLN saya jadi tahu banyak lagi tentang PLN. Baik itu tentang gangguan listrik, pelayanan baru dari program PLN, PLN Bersih yang menghilangkan praktek suap kolusi dan korupsi serta banyak lagi informasi yang diberikan oleh Pak Bambang selaku Manager Community Coorporate.

Harapan saya untuk PLN, semoga bisa mempermudah akses pemasangan listrik untuk memenuhi kebutuhan listrik di desa terpencil, seperti yang saya ketahui sampai sekarang masih banyak desa yang belum bisa menikmati secara optimal. Karena listrik bukan hanya sekedar untuk kebutuhan rumah tangga saja, dengan adanya listrik juga berarti PLN sudah membantu mensejahterakan desa yang tertinggal.

Dimana listrik sangat berperan untuk pendidikan, sumber pencaharian misalnya untuk membuka industri pabrik dan usaha lainnya yang dapat membantu penghasilan warganya. Dan diharapkan juga bisa bekerja sama dan memberikan solusi dengan pemerintah setempat yang belum terjangkau oleh listrik.

Saya setuju sekali dengan diresmikannya PLN bersih, semoga tidak ada lagi praktek percaloan dan praktek suap. Sehingga masyarakat bisa menggunakan hak pelanggan dengan optimal. Seperti Simbiosis Mutualisme, yang berati kedua belah pihak saling menguntungkan, jika tidak ada listrik dunia seperti mati tidak ada kehidupan, maka dari itu gunakan listrik sehemat mungkin.

Begitu bergunanya listrik buat kita semua, maka dari itu sebagai warga yang baik dan taat peraturan sudah seharusnya kita sebagai pelanggan harus membayar tagihan listrik tepat waktu, karena jika terjadi tunggakan yang menumpuk otomatis pasokan listrik yang ada berkurang karena PLN mengalami kerugian.

Bagiku PLN sangat berjasa, dengan setia melayani dan menampung segala keluhan pelanggan, mulai dari pelanggan yang cerewet, galak dan tidak sabaran. Juga salut buat yang bertugas catat meter, kalian bisa mengerjakan tugas sesuai target karena ribuan rumah kalian datangin dengan berbagai kendala.

Dan alhamdulillah hingga saat ini saya belum menemui kendala atau gangguan listrik di rumah saya namun terkadang mengalami padam listrik secara tiba-tiba, yang menurut saya wajar karena kemungkinan pemasangan kabel instalasi yang terpasang kurang memenuhi standar atau mungkin disebabkan ada perbaikan dari pusat dan saya memakluminya.

Saya berharap juga buat pihak PLN semoga bisa dapat cepat tanggap jika ada keluhan dari pelanggan, dan buat pelanggan semoga bisa bersabar karena PLN juga mempunyai beribu-ribu pelanggan yang mengalami masalah gangguan listrik.

Menurutku petugas catat meter adalah barisan utama dalam kinerja di PLN, karena lewat tangan kalian semua sistem operasi bisa berjalan. Semoga pihak terkait mensejahterakan kalian.

Terima kasih buat PLN yang telah setia melayani pelanggannya, dan juga untuk Blogdetik yang telah banyak membuat manfaat buat saya, karena blogdetik selalu mengadakan acara dan berbagai informasi yang sangat bermanfaat buat blogger dan masyarakat luas.***


TAGS akudanpln #bloggerbicara cerita aku dan pln plnbersih


-

Author

Follow Me