Solaria itu FastFood Apa FreshFood ?

29 Sep 2013

abd0ae6647af627ca5d155d4b03281af_solaria_logo

Mendengar kata Solaria, tentu hal yang tidak asing bagi para sejumlah orang yang gemar kuliner atau kegiatan rutin kumpul bareng teman dan keluarga. Tempat ini memang cukup nyaman untuk dijadikan tempat berkumpul sambil menikmati menu yang tersaji di resto ini. Maka tidak heran kalau Solaria kini banyak memiliki cabang termasuk di daerah sekalipun yaitu Tasikmalaya,Jawa Barat dan banyak yang ingin bergabung sebagai franchise yang ingin menggunakan brand nya. Namun saat ini Solaria tidak membuka franchise tetapi hanya membuka cabang di tempat lain.

Pertamakali saya mengenal Solaria, ketika pusat perbelanjaan Pamulang Square di buka dan ketika mengunjungi ke lantai satu berdekatan dengan gerai supermarket disitu terpampang Solaria sebuah resto bernuansa merah jambu dikombinasi dengan warna ungu bernuansa lampu temaram sehingga suana terlihat romantis dan ceria karena furniture yang digunakan berwarna menyala seperti merah dan putih suatu perpaduan yang begitu menyatu dengan lightingnya.

Referensi dari teman dan kakak yang hobi kuliner di luar lalu saya tertarik untuk mencoba makan di Solaria, lalu saya masuk ke resto tersebut dan memilih menu juga tidak ketinggalan untuk membandingkan harga (ini penting) jangan sampai karena gengsi tapi akhirnya malu, tetap harus sesuai dengan kocek kita. Setelah melihat menu dan daftar harga, cukup terjangkau untuk sebuah resto yang berada di pusat perbelanjaan seperti mall. Setelah saya memesan makanan, sambil menunggu saya sempatkan unuk browsing sambil ngobrol sama suami, perut yang tidak bisa kompromi memaksa saya berhenti sejenak karena tidak konsen, makanan yang pesan tidak kunjung datang alias lama dan kebetulaan waktu yang bersamaan Solaria ketika itu sedang ramai dan ada yang datang sepertinya keluarga besar. Heemm baiklah rasanya saya harus melatih kesabaran di Solaria ini.

Talkshow Fresfood Solaria Plaza Semanggi Lt1

Talkshow Fresfood Solaria Plaza Semanggi Lt1

Waktu itu ingin rasanya saya menegur pramuniaga kenapa pesanan lama tiba, tapi saya abaikan karena lagi malas berdebat dan memang ketika itu pengunjung lagi ramai. Ketika sabtu tanggal 28 September 2013 kemaren saya di undang teman untuk menghadiri gathering #FreshFood di Solaria Plaza Semanggi. Tentu saya menyempatkan untuk hadir di acara ini, tadinya saya mau komplain tentang pelayanannya yang lama, tetapi sebelum saya menanyakan hal tersebut, pertanyaan saya secara tidak langsung terjawab oleh narasumber yang mewakili pihak dari solaria Bpk Dedy Nugrahadi selaku Manager Operasional Solaria. Intinya beliau mengatakan bahwa menu yang di sajikan di Solaria adalah FreshFood jadi semua bahan yang mau di olah bahan bakunya masih fresh artinya ketika bahan yang akan di masak seperti sayuran dan lainnya semua bersifat dadakan proses pengolahannya dan mungkin ini yang menyebabkan pemesanan menjadi lama.

Dari gathering Solaria ini manfaatnya saya jadi tahu tentang perbedaan fastfood dan freshfood, menjamurnya resto yang menyajikan makanan siap saji tentu pilihan bagi sejumlah banyak orang di kota besar, dimana mereka tidak ada waktu untuk memasak dan mereka cenderung memilih makanan siap saji. Tetapi ada hal yang perlu kita perhatikan dari proses makanan yang akan kita santap, menurut ahli gizi Ibu Lestari Oktavia kandungan gizi yang harus kita perhatikan adalah bagaimana proses pengolahan dan penyajian yang baik dan benar.

Bahan makanan yang tidak di olah dengan baik dan benar akan menimbulkan penyakit, timbulnya mikroba yang menyebabkan diare. Negara kita termasuk beriklim tropis, dimana penyebaran mikro organisme sangat mudah untuk menyebar. Untuk itu tidak hanya para pengusaha kuliner saja yang perlu penyuluhan pengetahuan seputar gizi yang baik mulai dari produksi, penyajian, penyimpanan dan pengolahan bahan makanan yang benar. Ada satu hal yang menarik dari pembahasan Ibu Lestari Oktavia, beliau mengatakan sebenarnya cukup mudah untuk mendeteksi bahan makanan antara yang terkandung zat kimia dan tidak mengandung zat kimia, ketika memilih sayuran pasti kita memilih sayuran yang mulus tidak ada bolong-bolongnya, lain halnya dengan ibu Lestari dia akan memilih sayuran yang ada bolong-bolongnya sedikit tandanya pernah dihinggapi ulat, jadi ulat saja doyan berarti sayuran itu aman dari bahan kimia (tutur ibu Lestari).

Makanan sehat adalah hak untuk semua orang, teliti dan kenali makanan yang akan kita santap tidak ada salahnya dengan cara memperhatikan kualitas makanan dari segi produksi, penyiapan dan penyajian. Jika kualitas makanan yang kita konsumsi baik maka penyerapan gizi yang didapatkan oleh tubuh akan tercerna dengan baik. Bebaskan tubuh kita dari bahan kimia dengan cara mengkonsumsi bahan makanan organik. Diskusi freshfood yang sangat bermanfaat pengetahuan tentang gizi dan freshfood di Solaria kini saya menjadi faham. ***

Photo by Pribadi


TAGS solaria freshfood fastfood franchise gizi


-

Author

Follow Me